Disnakertrans Banten Gelar Upaya Mediasi Antara PT AHM Dengan Eks Karyawannya

Disnakertrans Banten Gelar Upaya Mediasi Antara PT AHM Dengan Eks Karyawannya
Pertemuan Antara Eks Karyawan CS RSUD Malingping Bersama Pihak PT AHM Berlangsung di Ruang Kerja Kabid HI Disnakertrans Propinsi Banten, Kamis (02/09/2021)

PANDEGLANG, BANTEN, - Pertemuan antara pihak perusahaan dari PT. Azaretha Hana Megatrading (AHM) dengan perwakilan pihak eks karyawan Claning Service (CS) RSUD Malingping, yang berlangsung di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banten, belum menghasilkan keputusan yang mengikat untuk kedua pihak, Kamis (02/09/2021).

Dialog yang diikuti pihak Disnakertrans diwakili Kepala Bidang Hubungan Industri, Hengki itu pun berjalan alot. Adu argumen terjadi antara pihak eks karyawan CS dengan pihak perusahaan yang dihadiri langsung oleh Direktur dan Komisaris beserta tim legal perusahaan.

Pada kesempatan itu, Kabid HI Disnakertrans Propinsi Banten, Hengki setelah mendengar dan mengamati argumen para pihak, dirinya menyarankan untuk kedua pihak dapat menyelesaikan perselisihan dengan cara mediasi diantara keduanya. Dan mengambil keputusan berdasarkan kesepakatan bersama.

Namun saran mediasi untuk sementara waktu ditolak pihak perusahaan, dengan alasan akan meminta pendapat terlebih dulu dari komisaris maupun jajaran staf perusahaan lainnya.

"Untuk sementara waktu kami belum bisa memutuskan arah ke mediasi karena kami harus meminta kesepakatan dari komisaris dan seluruh direksi PT AHM dulu, " kata Direktur PT AHM Dodong

Kendati demikian pihak disnakertrans melalui Kabid HI Hengki pihaknya tidak akan memaksakan pihak perusahaan apakah mau mediasi atau melanjutkan persoalan tersebut melalui Pengadilan Hubungan Industri (PHI). 

Namun beliau menyarankan untuk dilakukan pertemuan kembali dengan pihak perusahaan bila mana sudah ada keputusan.

"Bagaimana jika nanti kita adakan kembali pertemuan, akan tetapi mungkin pertemuan kedua nanti pihak karyawan tidak disertakan untuk hadir, " imbuh Hengki.

Untuk diketahui, pada pertemuan itu, terjadi perdebatan sengit antara karyawan dan pihak perusahaan terkait seputar permasalahan kontrak kerja dan upah kerja, serta permasalahan disiplin kerja yang dinilai perusahaan menjadi salah satu faktor dalam keputusan rekrutmen tenaga kerja CS RSUD Malingping.

Argumen eks karyawan sendiri menyampaikan ketidakpuasan mereka menerima upah dibawah Upah Minimum Kabupaten (UMK), sedangkan menurut pihak perusahaan itu sudah dilakukan berdasarkan kesepakatan sesuai yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan hal itu pun sudah berdasarkan Undang - undang Cipta Kerja.

Menanggapi hal tersebut Dedih Rohendi selaku tim legal PT AHM mengatakan, kalau pertemuan itu hanya sebatas klarifikasi belum mengarah terhadap mediasi, karena kata Dedih, setelah dirinya pelajari bukti bukti dari pihak perusahaan itu sudah benar.

Soal upah antara karyawan/ buruh itu hasil kesepakatan dan itu tertuang dalam PKWT antara perusahaan dan karywan dan dasar hukumnya uu no. 11 thn 2020 tentang cipta kerja di pasal 90A dan pasal 90B, dimana upah minimum ini dikecualikan bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

"Dalam hal ini sesuai bukti yang ada bahwa perusahaan AHM masuk  klasifikasi usaha kecil sesuai yang tertuang dalam SK MENKUMHAM, " terang Dedih

Dedih melanjutkan, kalau pihaknya bersama pihak dari perusahaan PT. AHM datang ke Disnakertrans Provinsi itu berdasarkan undangan  klarifikasi perihal karyawan yang keberatan dengan upah kerja. (Red)

Pandeglang
Andang Suherman

Andang Suherman

Previous Article

Kebijakan Bupati Soal Plh Sekda Pandeglang...

Next Article

FAM Pandeglang Tuding Pekerjaan Irigasi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 259

Postingan Tahun ini: 854

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 201

Postingan Tahun ini: 2119

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 192

Postingan Tahun ini: 2086

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 140

Postingan Tahun ini: 364

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Satreskrim Polresta Tangerang Bekuk Pelaku Curanmor, 4 Sepeda Motor Diamankan
Polresta Tangerang Ringkus Pelaku dan Penadah Curanmor
Curi Motor, Pria 30 Tahun Ditangkap Satreskrim Polresta Tangerang
Pemkot Tangerang Seleksi Tahapan SKD Bagi CASN 
Pemkot Tangerang Berikan Uang Saku Pada Atlet Kota Tangerang yang Berlaga di PON XX Papua